Dinas Sosial Kabupaten Muaro Jambi Gelar Rapat Gugus Tugas Pengembangan KLA

Lintastimur.com - Muaro Jambi - Dalam rangka evaluasi Kabupaten/Kota layak anak tahun 2024, Pemerintah Muaro Jambi melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Muaro Jambi menggelar rapat gugus tugas yang dilaksanakan di ruang rapat Ridam, kantor Bupati Muaro Jambi, Bukit Cinto Kenang. 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Muaro Jambi, Drs. Raden Najmi, yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muaro Jambi, para camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tamu undangan lainnya di lingkungan Pemkab Muaro Jambi, Senin (3/6/2024).

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan pemahaman mengenai tahapan pengembangan KLA mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sebagai tolak ukur pencapaian KLA. Mewujudkan sinkronisasi program/kegiatan yang mendukung KLA di amsing-masing instansi/lembaga anggota Gugus Tugas Kota Layak Anak . Membangun keselarasan pemahaman anggota GUgus tugas Kota Layak anak KOta Manadi dalam mendukung pengisian formulir evaluasi pengembangan KLA serta menyediakan data pendukung yang nantinya akan mensupport terlaksananya kegiatan. 

Penjabat Bupati RD. Najmi dalam keterangannya mengatakan bahwa, pertemuan gugus tugas yang dirangkaikan dengan KLA merupakan momen penting dalam rangka mengevaluasi program-program KLA yang telah dicanangkan dan ditetapkan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas tinggi dimasa depan. "Untuk mewujudkan hal tersebut, semua pihak terkait perlu merapatkan barisan, menyamakan persepsi, dan langkah, sehingga kebijakan dan program yang disusun saling bersinergi, mengisi, dan tidak tumpang tindih," kata Pj. Bupati Raden Najmi.

Pj. Bupati Muaro Jambi menegaskan SDM yang unggul dimasa depan, harus dipersiapkan secara khusus melalui sebuah strategi dan sistem yang mampu mendukung terpenuhinya hak-hak anak.

"Sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal serta terlindungi dari berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi," lanjutnya.

Lebih jauh Pj. Bupati Najmi menjelaskan poin terpenting dari proses pengembangan KLA di Muaro Jambi yaitu koordinasi antara para stakeholder dalam rangka pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Karenanya penguatan koordinasi para stakeholder terkait dapat terus ditingkatkan melalui mekanisme gugus tugas yang telah dibentuk," pinta Pj. Bupati

Guna meningkatkan evektifitas koordinasi ditingkat kabupaten, diharapkan peran aktif OPD terkait agar terus meningkatkan koordinasi dalam rangka pengembangan kebijakan dan program, maupun inisiatif kegiatan yang mampu mendukung terwujudnya percepatan perwujudan KLA. (Sabek

Terkini