Pj Bupati Muaro Jambi Resmikan Soft Opening Galeri Dekranasda Muaro Jambi

Lintastimur.com - Muaro Jambi - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah meresmikan galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Muaro Jambi.Senin (06/05/2024) 

Turut hadir dalam kegiatan peresmian ini, Unsur Forkopimda Muaro Jambi, Ketua Dekranasda Muaro Jambi, sejumlah kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi serta tamu undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana Riduwan mengatakan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi Faradillah Zahara Bachyuni. 

Peresmian galeri Dekranasda Muaro Jambi ini, kata dia, diharapkan dapat menjadi wadah untuk menampung sekaligus untuk mempromosikan produk produk atau kerajinan dari UMKM yang ada di Wilayah Kabupaten berjuluk bumi Sailun Salimbai ini.

"Dengan adanya Galeri ini, diharapkan bisa mempromosikan kerajinan UMKM Muaro Jambi, agar bisa dikenal lebih luas lagi," kata Riduwan kepada pewarta.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi  Faradillah Zahara  menyampaikan, bahwa Dekranasda Muaro Jambi terus memberikan pelatihan-pelatihan kepada UMKM, terutama kepada perajin batik. 

"Alhamdulillah sekarang produksi-produksi UMKM kita sudah cukup diminati hingga sampai ke tingkat Nasional," katanya.

Faradillah Zahara mengatakan, bahwa masyarakat awam pasti akan merasakan kesulitan untuk mencari produk-produk kerajinan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi ini. Karena, kata dia, letaknya ada di beberapa Kecamatan dan jalannya lumayan jauh untuk diakses.

"Supaya kerajinan-kerajinan ini bisa ada di satu tempat terutama bagi masyarakat pengrajin yang belum mempunyai galeri atau toko, nah mudah-mudahan dengan adanya galeri Dekranasda di Kabupaten Muaro Jambi ini, bisa menjadi wadah para pengrajin untuk mempromosikan hasil kerajinannya," sampainya.

Pj Bupati Kabupaten Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, bahwa banyak produk unggulan di Wilayah Kabupaten Muaro Jambi ini yang belum terekspos dan akhirnya produk itu lama kelamaan dia semakin pudar. 

Karnanya, kata dia, dengan kehadiran Galeri Dekranasda ini nantinya bisa menampung semua produk unggulan UMKM dari 150 Desa, 11 Kecamatan dan 5 Kelurahan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

"Harapannya nanti ke depan produk UMKM kita, bisa dikenal lebih baik lagi bukan saja pada tingkat Kabupaten namun juga pada tingkat Nasional," tukasnya.(Sabek

Terkini