Kelurahan Tanjung Johor Gelar Panjat Pinang Mini Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI KE 78 Tahun 2023

Lintastimur.com (Muaro Jambi)-- Memeriahkan HUT RI ke-78 tahun 2023, masyarakat RT 05 Kelurahan Tanjung Johor Kecamatan Pelayangan Kota Jambi (Jambi Sebrang) menggelar berbagai kegiatan.

Kegiatan yang dipusatkan disamping kediaman Ketua RT 05, Abdul Majid itu diikuti oleh ratusan warga setempat.

Abdul Majid ketua RT 05 Kelurahan Tanjung Johor Kecamatan Pelayangan Kota Jambi menyebut, kegiatan yang dilakukan ini untuk menyemarakkan HUT RI ke-78. 

"Alhamdulillah tahun ini kegiatan bisa kita lakukan. Semoga kedepan kegiatan serupa kembali dilakukan," kata 

Menurut Dia, kegiatan ini sudah sering dilakukan, namun untuk kali ini dilakukan dengan lebih meriah dibandingkan dengan sebelumnya.

Ada beberapa perlombaan yang dimainkan, seperti lomba balap karung, makan kerupuk, gigit sendok diisi kelereng. Namun yang paling meriah adalah lomba panjat pinang mini.

Lomba panjat pinang mini ini diikuti oleh belasan peserta yang umurnya dibawah 12 tahun. Berbeda dengan batang pinang jika diperlombakan pada umumnya, pinang ini menang benar-benar mini. Ketinggiannya hanya lebih kurang 2 meter.

Sebenar hadiah yang bergelantungan disiapkan oleh panitianya bisa dijangkau oleh peserta, namun pinang tersebut harus dipanjat, tidak boleh langsung meloncat.

Untuk memanjat batang pinang mini ini, awalnya hanya dilakukan untuk satu orang satu kali manjat. Namun karena tidak ada yang dapat atau tidak ada yang sampai ke ujung maka diberlakukan dua orang satu kali manjat, namun dengan persyaratan khusus.

Peserta yang badannya lebih besar tidak boleh berdiri sementara yang berdiri hanya peserta yang berbadan kecil saja. Setelah sampai ke ujung, peserta hanya bisa mengambil beberapa hadiah saja setelah itu turun dan bergantian dengan peserta yang lainnya hingga hadiah yang bergelantungan tersebut habis. Disana panitia menyediakan hadiah berupa alat tulis, sabun, shampo, minuman, jajanan anak-anak dan lain sebagainya. 

"Kita memperlombakan kegiatan yang minim resiko. Pinang mini, makan kerupuk dan lain sebagainya," kata Abdul Majid lagi.

Namun tidak ketinggalan, masyarakat setempat juga memperlombakan untuk emak-emak yang menunggu anaknya yang ikut lomba. Panitia menyiapkan permainan lomba joget rebutan kursi. 

Selain itu, panitia juga menyediakan door prize bagi pengunjung yang datang di lokasi. Door prize tersebut berupa alat dapur seperti sapu, minyak goreng, wadah air minum hingga barang rumah tangga lainnya.

Ketua RT menyebut, kegiatan ini di support penuh oleh masyarakat setempat di mana masyarakat rela mengorbankan waktu dan materi untuk melakukan kegiatan ini.

"Dana yang kita gunakan merupakan dana dari donatur yang bersifat tidak mengikat," imbuhnya. (Sabek

Terkini