Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Jadi Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila

Lintastimur.com (Muaro Jambi) - Seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi tetap semangat dan antusias menghadiri sekaligus mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di lapangan Kantor Bupati Muaro Jambi Bukit cinto kenang.Kamis,(01/6/23).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara langsung dihadiri oleh Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, Sekretaris Daerah Budhi Hartono anggota Forkompinda,ASN lingkungan Pemerintah Kabupaten Muarojambi.

Dalam pidato PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan dirinya mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan peringatan di hari lahir Pancasil 1 Juni tahun 2023.

"Mudah mudahan di hari lahirnya Pancasila ini Rasa kebersamaan, rasa persaudaraan,rasa silaturahmi, dan rasa cinta kita terhadap tanah air dapat kita jaga selamanya," sebut PJ Bachyuni Deliansyah.

Pj Bupati Muaro Jambi dalam pidatonya membacakan Kepres nomor 25 tahun 2016 hari lahirnya Pancasila.

Berdasarkan Kepres nomor 24 tahun 2016 hari lahir Pancasila. Adapun pemilihan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila seiring momen sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) sebagai upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Pada 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan lima gagasan dasar negara yang di sebut Pancasila dan mendapatkan persetujuan dalam sidang BPUPKI dan Panca sendiri diartikan 5 sedangkan Sila diartikan Prinsip atau Azaz. 

Adapun lima dasar yang diusulkan Sila Pertama ketuhanan yang maha Esa,kedua Kemanusiaan yang adil dan beradap,ketiga persatuan Indonesia,ke empat kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan Perwakilan.ke Lima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Untuk menyempurnakan itu rumusan BPUPKI membutuh sebuah panitia rumusan dasar negara dan undang undang yang dikenal panitia sembilan pada 22 Juni 1945 dikenal dalam hal piagam Jakarta. Kemudian pada tanggal 14 Agustus 1945 Pancasila dinyatakan sah sebagai negara dalam sidang BPUPKI dan Pancasila disetujui dalam mukadimah undang undang dasar 1945 sebagai negara Indonesia yang sah.

"Itu lah sekilas hari lahir nya Pancasila, yang perlu kita ingat. Bukan hanya di ingat saja hari Pancasila adalah momen untuk mengenang, menghormati sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara kita," sebut Bachyuni Deliansyah. (Sabek

Terkini