Pj Bupati Muaro Jambi Menghadiri Apel Siaga Menghadapi Karhutla dan Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023


Lintastimur.com - (MUARO JAMBI) - Penjabat Bupati Muaro Jambi yang juga selaku kalaksa BPBD provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, SH.MH menghadiri Apel Siaga Menghadapi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan serta peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2023, Provinsi Jambi dilaksanakan di Lapangan KOREM 042 Garuda Putih Jambi, Senin (08/05/23).

Apel ini dipimpin oleh Gubernur Jambi Dr.H. Al Haris.S.Sos.MH Apel Kesiap Siagaan ini diikuti sekitar 250 personel terdiri dari: Manggala Agni, Korem 042 Garuda Putih Jambi, Polda Jambi , BPBD Provinsi Jambi, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, dan dinas terkait lainnya, serta pelaku usaha bidang kehutanan dan perkebunan seluruh provinsi jambi.


Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan , menurut data Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisikia (BMKG) mulai 1 Mei lalu, kawasan timur Indonesia diselimuti ultra violet kategori berbahaya dan ekstrem yang kemudian meluas hingga Sumatera dan kalimantan. 

"fenomena tersebut mengharuskan semua pihak untuk waspada. Karena disaat musim kemarau yang diperkirakan pertengahan Mei hingga September sangat rawan terjadinya karhutla,ujarnya.

Gubernur mengajak semua pihak agar bekerja sama dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, karena sudah menjadi suatu bencana yang tidak bisa di tanggulangi oleh satu pihak saja.

“Untuk itu perlu kerja sama semua pihak baik militer, sipil maupun masyarakat ” ungkapnya.

Gubernur tak lupa memberikan apresiasinya kepada TNI/Polri, instansi vertikal, SKPD terkait, stake holder, relawan atas kesediaan dan partisipasi dalam pelaksanaan apel.

“ Semoga melalui apel ini dapat mempertegas kesiapsiagaan kita, memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam mencegah karhutla,” harapnya.(Sabek

Terkini