Pj Bupati Muaro Jambi membacakan Amanat Menteri Pendidikan Dalam Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional



Lintastimur.com - (Muaro Jambi) - Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliasyah Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Dalam Rangka memperingati hari Pendidikan Nasional.dengan mengusung tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar" Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Kantor Bupati Bukit Cinto Kenang. Selasa (02/05/23) 

Turut hadir dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah Budhi Hartono, Kepala OPD lingkupan Muaro Jambi,dan parah peserta upacara lainnya. 

Dalam Rangka Memperingati hari pendidikan Nasional tahun 2023 yang menjadi petugas upacara semuanya dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Muaro Jambi. 

Dalam upacara tersebut Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliasyah membacakan Amanat Dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim Sebagai Berikut Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur indonesia.


Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur ki hadjar dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di  platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirya platform merdeka mengajar. selain itu, guru-guru yang dulunya diikat berbagai aturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi. seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatanya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan utuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi  sekarang jauh lebih terbuka. dukungan dana pendanaan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Selain itu, mekanisme dana indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung kemajuan kebudayaan.

Saudara Saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan dengan gerakan merdeka belajar.

Transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita.

Hari pendidikan nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita kedepan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar.(Sabek

Terkini